10 Nov

Perbedaan Antara Hipnotis Dan Gendam

 

Selama ini banyak persepsi masyarakat yang kurang tepat dalam menilai sesuatu seperti pandangan terhadap hipnotis yang selama ini masih menjadi momok yang menakutkan. Mereka percaya bahwa orang yang tengah dalam pengaruh hipnotis akan membuat dirinya tak sadarkan diri serta tak memiliki kontrol terhadap tubuhnya yang membuat si penghipnotis akan mudah mengeksploitasi dengan memberikan perintah sesuai dengan permintaannya. Pandangan negativ terhadap hipnotis tersebut kian diperparah dengan maraknya aksi kejahatan dengan menggunakan hipnotis.

Pada kenyatannya segala persepsi tersebut salah besar sebab orang yang bisa melakukan hipnotis hanya bisa mempraktekan kemampuannya tersebut atas persetujuan dari orang yang hendak diberikan pengaruh hipnotis. Sehingga keberhasilan suatu hipnotis juga dipengaruhi oleh kesediaan orang yang dihipnotis dalam menerima sugesti yang diberikan pada alam bawah sadar mereka. Dan selama ini aksi kejahatan yang dilakukan sejumlah oknum dalam memberikan oengaruh terhadap orang lain agar bersedia menyerahkan barang mereka bukanlah dengan hipnotis melainkan dengan gendam.

Berikut adalah penjelasan terkait perbedaan hipnotis dan gendam:

  1. Hipnotis tak memiliki kemampuan untuk memaksa seseorang, hipnotis baru akan berhasil andai mendapat persetujuan dari orang yang hendak dihipnotis. Sementara gendam memiliki kemampuan untuk memaksa seseorang dengan membuat korbannya tidak sadarkan diri dimana aksi tersebut juga mendapat bantuan dari kekuatan makhluk kasat mata.
  2. Proses mempelajari kemampuan hipnotis tidak mempergunakan sejumlah ritual khusus yang berbau mistis sedangkan gendam didapatkan dengan harus menjalani ritual terlebih dahulu yang biasanya mengharuskan berpuasa, menghafal mantra atau rapalan, maupun pemberian ilmu gendam dari guru mereka.
  3. Tujuan hipnotis ialah untuk memberikan manfaat bagi kehidupan seperti terapi pengobatan, membantu proses belajar, meningkatkan motivasi, membantu penyelidikan penegak hukum dalam memecahkan kasus, serta masih banyak lagi. Sementara tujuan gendam lebih mengarah pada aksi dan tindakan
  4. Hipnotis telah mendapatkan pengakuan secara resmi dalam skala nasional hingga internasional yang sudah dipraktekkan oleh sejumlah orang untuk jalan positif seperti guru, polisi, dokter, ahli terapi, dan lain-lain. Sementara gendam hanya memiliki tujuan untuk membuat korbannya tak sadarkan diri.

Demikian tadi pembahasan mengenai perbedaan hipnotis dan gendam yang bisa digaris bawahi bahwa tujuan hipnotis ialah untuk memberikan manfaat baik dalam sejumlah bidang kehidupan. Beda halnya dengan tujuan gendam yang mengarah untuk dipraktekkan dalam berbuat kejahatan dengan membuat seseorang tak sadarkan diri. Semoga pembahasan terkait perbedaan hipnotis dan gendam ini bermanfaat.

 

related posts

add a comment